Kata Mutiara Hikmah Kyai Sepuh Nahdhatul 'Ulama part. 1

"Menjalani hidup harus dengan kesabaran, ketabahan. Apabila kita mendapatkan cobaan, jangan jadikan cobaan sebagai penghalang untuk meraih kesuksesan. Akan tetapi jadikanlah sebagai motivasi menjadi lebih baik."
(KH. Abdul Karim, Pendiri PonPes Lirboyo, Kediri)

"Jangan Sekali-kali menyakiti hati orang tua, lebih-lebih ibu, bisa menyebabkan ilmu tidak manfaat !!!" (KH. Marzuki Dahlan)


"Jangan sombong atas kepandainan yang kalian miliki, sehingga mempertonjolkan kepandaianmu agar dipuji." (KH Marzuki Dahlan)

"Jadi orang harus sedikit bicara, tetapi banyak bekerja, jangan sebaliknya" (KH Marzuki Dahlan)

"Dalam segala hal kita harus bertindak dengan sederhana, jangan bermewah-mewahan, Yang dilihat Alloh bukan harta, kekuasaan, keturunan kyai dan lain-lain, akan tetapi ketaqwaan seseorang." (KH Marzuki Dahlan, Pengasuh PP Lirboyo generasi kedua)

"Jangan pernah mengeluh atas cobaan yang diterima, kita pasrahkan terhadap kehendak Alloh SWT" (KH Mahrus Ali, Pengasuh PonPes Lirboyo)

"Jadikanlah kegagalan sebagai langkah awal untuk meraih kesuksesan" (KH Mahrus Ali)

"Kemerdekaan ini harus kita pertahankan sampai titik darah penghabisan" (Ungkapan ini dilontarkan KH Mahrus Ali ketika Indonesia akan kembali dijajah oleh sekutu)

"Seorang warga NU harus mengembangkan dan mempertahankan paham Ahlussunnah wal jama'ah" (KH Mahrus Ali)

"Haram hukumnya mendirikan Negara dalam Negara, dan tidak ada kamus berontak dalam NU" (Fatwa KH Mahrus Ali, yang menunjukkan eksistensi beliau sebagai tokoh nasional)


*Oleh: Muhammad Faruq Maftukhi ibnu Muhammad Nur Mubayyin

Comments

Popular posts from this blog

Kata Mutiara Hikmah Kyai Sepuh NU Part.3

Lirik dan Makna Syair Lir-Ilir, Sunan Giri dan Sunan Kalijaga